Nuffnang

Wednesday, July 21, 2010

Kopi Musang Kopi Termahal Di Dunia

Anda mungkin pernah mendengar mengenai Kopi terhasil dari kotoran musang dan saya pasti ada diantara anda yng tidak mungkin akan meminum kopi ini kan? Hehe ianya tidaklah sejijik itu ye kerana musang hanya mengadam isi kopinya, bijinya akan terbuang sebagai tahi. Sebaliknya kopi yang paling nikmat dan termahal di pasaran saat ini adalah kopi luwak. Kopi yang dikumpulkan dari kotoran musang atau luwak ini dijual dengan harga hingga ratusan dollar AS. Biji kopi bermerek Kopi Luwak yang telah disangrai dalam kemasan setengah kilogram dijual dengan harga 175 dollar AS.

Mengapa ianya mahal berbanding kopi yang lain? Kerana biji kopi yang diambil dipastikan sebagai biji kopi terbaik. Hanya biji kopi matang yang dipilih musang sebelum makanannya.

Selain rasa dan aromanya unik berkat proses fermentasi yang terjadi di dalam perut musang. Keunikan rasa dan aroma inilah yang dicari para pecinta kopi. Namun, kopi ini jumlahnya terbatas kerana biji-biji kopi tersebut harus dikumpulkan satu persatu dari kotoran musang yang tercecer di sekitar kebun kopi. Biji kopi tersebut dikumpulkan dari perkebunan di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Di Amerika dan Eropa kopi jenis ini mulai digemari. Menurut Jones, penjualannya naik tiga kali lipat menjelang liburan Natal dibandingkan tengah tahun pertama. Perusahaan yang mulai menjual secara online sejak Februari itu pun hanya menargetkan 200 kilogram pada tahun ini. Kebanyakan order berasal dari Amerika Utara dan Eropa, terutama California.








Sekian,
Eddy Rizal

No comments:

Post a Comment